Rebana biang
Tabuhan Rebana Biang sebagai Penanda Pergantian Tahun di Setu Babakan. (Foto: Istimewa)
Tabuhan Rebana Biang sebagai Penanda Pergantian Tahun di Setu Babakan
Sabtu, 29 Desember 2018 | 21:45     54 Kali

Jacatra.net - Tata Usaha Unit Pengelola Kawasan (UPK) Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan sudah bersiap menyambut malam pergantian tahun 2018 ke 2019, Senin (31/12/2018).

Kepala Seksi Atraksi Promosi Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Selatan Puka Yanuar menjelaskan, pihaknya memilih UPK PBB Setu Babakan karena identik dengan kebudayaan Jakarta. Sekaligus mendukung tema acara yang akan menampilkan semua komponen budaya Betawi.

"Kami akan tampilkan semua budaya betawi dari ondel-ondel, lenong, baju adat, batik, dll. Ini langkah kami untuk lebih mengenalkan peninggalan Betawi kepada masyarakat luas," katanya

Tahun baru syarat dengan indahnya ledakan kembang api di langit malam. Namun, hal itu tidak akan terjadi di Setu Babakan, tabuhan rebana biang akan mengiringi detik-detik pergantian tahun.

"Kembang api tidak ada cuma kami akan tabu rebana rame-rame. Rebana biang akan menjadi pilihan agar perayaan lebih khidmat. Sebab, rebana biang sudah hampir punah untuk itu kami tampilkan untuk kembali mengenalkan peninggalan budaya ini," pungkasnya.

Tak hanya itu, akan ada fashion show dari abang dan none Jakarta Selatan diringi lagu-lagu khas Jakarta.

  • Sumber :
Sebarkan:
Terbaru
TERPOPULER